"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Infeksi Paru Bisa Mematikan! Yuk, Ketahui Gejalanya
Infeksi Paru Bisa Mematikan! Yuk, Ketahui Gejalanya
Tanggal: 20/12/17
Topik: Umum


Salah satu penyakit yang cukup membahayakan kesehatan, terutama bagi bayi dan anak-anak yaitu infeksi paru-paru. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada mereka jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.


Infeksi Paru Bisa Mematikan! Yuk, Ketahui Gejalanya

flu pneumonia
k-link.co.id


Salah satu penyakit yang cukup membahayakan kesehatan, terutama bagi bayi dan anak-anak yaitu infeksi paru-paru. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada mereka jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini bisa terjadi misalnya saat bayi dan anak-anak berada di sekitar perokok yang secara otomatis membuat mereka akan menghirup asap berbahaya tersebut. Karena itu, mari simak informasi selengkapnya tentang infeksi paru-paru dalam ulasan ini.

Infeksi paru merupakan penyakit peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri, jamur, parasit atau virus. Ada banyak jenis penyakit infeksi pada paru-paru seperti peneumonia (paru-paru basah), bronchitis dan tuberkulosis (TB). Penyakit ini tidak boleh diremehkan karena mengancam sistem pernapasan, sehingga Anda perlu mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan jika mengidap infeksi paru-paru.

Baca juga : Jika TB Paru Kambuh, Waspadai Terkena TB Paru Resisten

Gangguan infeksi paru-paru memiliki gejalanya masing-masing, antara lain:


1. Gejala infeksi paru akibat virus, yaitu batuk, sakit tenggorokan, demam ringan, dan pilek. Gejala lain yang dilaporkan oleh pasien umumnya kesulitan bernafas, sesak dan dehidrasi. Pada kasus yang lebih berat , tubuh bisa mengalami kekurangan oksigen.

2. Gejala infeksi paru akibat bakteri, yaitu terjadi inflamasi (peradangan) pada paru-paru. Hal ini diakibatkan pelepasan histamine oleh sel yang terinfeksi, sehingga menyebabkan pembengkakan pada saluran nafas serta produksi lendir dan kemerahan karena aliran darah meningkat.

3. Gejala infeksi paru akibat candida/jamur, yaitu demam ringan, batuk, sakit tenggorokan, pilek, kedinginan, nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, sesak napas, batuk dan produksi lendir yang berlebihan.

Dengan mengetahui gejala penyakitnya, Anda bisa memperkirakan apa penyebab gangguan infeksi paru yang menyerang Anda. Ketika Anda sudah mengetahuinya, maka Anda dapat menjaga kesehatan lebih baik lagi. Pola hidup sehat pun harus diterapkan secara konsisten agar infeksi paru-paru tidak semakin parah.


Sumber Berita : http://www.k-link.co.id/health/...
Sumber Gambar : http://www.k-link.co.id/upload/...
k-link.co.id, 20 Desember 2017






Artikel ini diambil dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
http://www.klikpdpi.com

URL (alamat situs web) artikel ini adalah:
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=8219