"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Kenali Pemicu Timbulnya Serangan Asma
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

World TB Day 2018 oleh PDPI

Tutorial Aplikasi ISR
"
 

 

Kenali Pemicu Timbulnya Serangan Asma

Jika Anda menderita alergi asma, ada banyak hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit ini. Pemicu-pemicu ini dapat membuat penderitanya mulai terserang gejala asma seperti batuk dan kesulitan bernapas.

Berikut beberapa pemicu yang bisa menyebabkan asma sehingga Anda bisa menghindarinya:

Tungau debu

Hewan kecil ini adalah salah satu pemicu asma yang paling umum. Tungau biasanya bersembunyi di seprai, kasur, bantal, selimut, boneka, karpet dan tirai. Untuk menghindarinya, cucilah secara rutin semua hal yang bisa menjadi sarang tungau paling tidak seminggu sekali menggunakan air panas.

Kecoak

Kecoak ada di mana-mana. Mereka mengonsumsi air dan sisa-sisa makanan. Baik kecoak dan kotorannya dapat memicu asma. Untuk menghindarinya, simpanlah makanan Anda pada tempat yang tertutup dan aman dari kecoak. Cucilah piring Anda tepat setelah And menggunakannya. Bersihkan seluruh bagian rumah Anda dari sisa-sisa makanan yang bisa mengundang datangnya kecoak. Jika lingkungan tempat tinggal Anda bersih, maka kecoakpun tidak akan datang menghampiri.


Baca juga : Penyakit TBC Rentan Menular, Lakukan 3 Pencegahan Ini


Merokok

Asap rokok merupakan racun yang mampu memicu asma bagi penderitanya. Pastikan untuk selalu menjauhkan asap rokok dari jangkauan Anda, jika anda tidak ingin asma yang Anda derita datang menyerang. Asap-asap lain seperti yang berasal dari tungku pembakaran juga dapat menyebabkan asma. Sebisa mungkin, hindarilah selalu asap-asap yang bisa memicu penyakit asma Anda semakin parah.

Bau

Banyak produk rumah tangga yang mengeluarkan aroma dan menjadi pemicu timbulnya serangan asma. Produk pembersih yang mengandung klorin, lilin beraroma, hairspray, penyegar udara, deodoran, parfum, cat bahkan pestisida memiliki bau yang dapat memicu timbulnya asma. Untuk menghindarinya, Anda bisa mencoba menggunakan produk-produk yang tidak memiliki aroma sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sumber : http://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/kenali-pemicu-timbulnya-serangan-asma-9172.html



PDPI Sumatera Utara. 06/04/18.




Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan