"
 
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia - Apa Perbedaan Antara Kanker Paru dan Bronkitis
 
Link
Free Web Counters
Members
News
1 2 3 4 5
Mitra Kerja
Video

World TB Day 2018 oleh PDPI

Tutorial Aplikasi ISR
"
 

 

Apa Perbedaan Antara Kanker Paru dan Bronkitis

Dengan semakin banyaknya polusi udara dan perokok, maka kasus kanker paru pun semakin meningkat. Selain kanker paru, para perokok kronik juga beresiko untuk menderita bronkitis.

Kanker Paru

Kanker paru merupakan suatu keadaan di mana terjadi pertumbuhan berlebihan dari jaringan paru yang tidak dapat dikendalikan dan tidak terkoordinasi. Kanker dapat terjadi pada bagian paru manapun.

Secara perlahan, sel-sel kanker ini akan mengambil berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel sehat paru untuk menjalankan fungsinya dengan baik, yang menyebabkan timbulnya gejala kanker.

Penyebab pasti dari kanker paru masih tidak diketahui, akan tetapi iritasi berulang pada sel-sel paru karena berbagai kebiasaan tidak sehat seperti merokok, menghisap narkotika, menghirup gas beracun saat bekerja, dan lain sebagainya merupakan berbagai faktor resiko terjadinya kanker paru.

Bronkitis

Bronkitis merupakan suatu inflamasi (radang) saluran napas paru. Berbagai penyebab bronkitis adalah merokok, menghirup uap beracun, polusi udara, infeksi bakteri atau virus atau jamur, dan kekurangan enzim (sangat jarang).


Baca juga : 4 Hal Sepele Ini Bisa Picu Kanker Paru-Paru


Perbedaan Gejala

Batuk merupakan gejala yang dapat terjadi baik pada kanker paru maupun pada bronkitis. Selain itu, beberapa gejala lain yang dapat ditemukan pada kanker paru adalah penurunan berat badan, tidak nafsu makan, badan terasa lemah. Beberapa gejala spesifik kanker paru adalah batuk yang terjadi dalam waktu lama (kronik atau lebih dari 2 minggu) yang terus memburuk baik dengan maupun tanpa dahak, adanya darah pada dahak, nyeri dada, sesak napas baik saat beristirahat maupun beraktivitas, dan adanya benjolan pada kerongkongan yang membuat penderita sulit menelan makanan.

Gejala bronkitis dapat berupa batuk hebat yang seringkali disertai dengan dahak, demam, kesulitan bernapas saat berbicara atau tertawa, dan nyeri tenggorokan. Kadang penderita dapat merasa nyeri dada saat batuk.

Perbedaan Pengobatan

Kanker paru diobati dengan pengangkatan sel-sel kanker melalui tindakan pembedahan, kemoterapi, dan radiasi. Sementara itu, bronkitis diatasi dengan pemberian obat anti inflamasi, antibiotika, ekspektroan, dan penekan batuk. Berhenti merokok merupakan salah satu hal yang dapat membantu proses penyembuhan.

Sumber : https://www.dokter.id/berita/apa-perbedaan-antara-kanker-paru-dan-bronkitis



PDPI Lampung & Bengkulu. 20/03/18.




Halaman Siap Cetak  Halaman Siap Cetak

Kirimkan Pada Rekan  Kirimkan Pada Rekan