APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
WARTA ORGANISASI
KEGIATAN PDPI 1999 - 2002

Sambutan Ketua Umum PDPI

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Teman sejawat anggota PDPI yang terhormat,

Dengan datangnya Konggres PDPI IX di Medan 2002 maka berakhirlah masa kerja pengurus PDPI 1999 - 2002. Terimakasih kami ucapkan atas kepercayaan yang diberikan oleh Sejawat sekalian pada Konggres PDPI VIII di Batu - Malang tahun 1999 lalu untuk menjalankan roda organisasi kita sampai tahun 2002 ini. Untuk itu kami telah mempersiapkan buku laporan ini sebagai bagian dan pertanggung jawaban kepada seluruh teman Sejawat yang terhormat tentang apa yang telah dilakukan dalam periode kepengurusan ini. Buku ini berisi rangkuman hasil kerja yang telah dilakukan, baik kegiatan di dalam lingkungan organisasi kita maupun juga kegiatan dengan pihak luar, di dalam maupun di luar negeri. Kami amat menyadari bahwa kendati kami telah berupaya optimal apa yang telah dilakukan tentu masih banyak kekurangannya. Inilah hasil upaya maksimal yang dapat kami lakukan guna pengembangan organisasi kita tercinta ini.

Teman Sejawat yang terhormat,

Kesehatan masih merupakan masalah penting bangsa kita. World Health Report 2000 menempatkan Indonesia di peringkat 92 dari 191 negara di dunia, dan laporan UNDP (United Nations Development Program) 2001 menunjukkkan bahwa dalam hal Human Development Index (HDI) Indonesia hanyalah berada di peringkat 102 dari 162 negara di dunia, dengan usia harapan hidup 65,8 tahun, masih lebih rendah dari negara tetangga seperti Thailand 69,9 tahun, Malaysia 72,2 tahun dan Singapura 77,4 tahun. Penyakit paru merupakan salah satu masalah kesehatan utama kita. Berdasar survai kesehatan rumah tangga (SKRT) dari tahun ke tahun sekitar 30 — 40% penyakit dan penyebab kematian di negara kita adalah penyakit paru dalam berbagai bentuknya. Laporan SEAMIC Health Statistic 2001 menunjukkan bahwa setidaknya lima penyakit paru merupakan bagian dari 10 penyebab kematian utama di Indonesia, yaitu pneumonia, tuberkulosis (TB), bronkitis, emfisema & asma serta bagian dari neoplasma ganas. Negara kita adalah penyumbang kasus TB ke tiga terbesar di dunia. Setiap satu menit muncul satu penderita baru TB paru, setiap dua menit timbul satu penderita baru TB yang menular dan setiap empat menit satu orang meninggal akibat TB di negara kita. Dalam hal merokok, survei internasional WHO Global Youth Tobacco Survey mendapatkan 43,9% pelajar SLTP di Jakarta pernah merokok WHO SEARO menyatakan bahwa jumlah perokok Indonesia adalah ke 4 terbanyak di dunia. Di pihak lain, Jakarta sudah dilaporkan sebagai kota berpolusi udara ke tiga terburuk di dunia. Sementara itu, asap kebakaran hutan setiap tahunnya selalu menjadi issue penting. Publikasi World Wildlife Fund (WWF) menyatakan bahwa kebakaran hutan di negara kita di tahun 1997 - 1998 yang lalu menimbulkan kerugian lebih dari 4,4 milyar dolar dan gangguan kesehatan pada sekitar 20 juta orang. Belum lagi berbagai Penyakit Respiratori Kronik - PRK (Chronic Respiratory Disease - CRD) yang merupakan salah satu penyakit terpenting di dunia dewasa ini, dan di tahun 2020 mendatang diperkirakan akan menjadi penyakit ke lima terpenting dalam pola morbiditas dan mortalitas di dunia.

Teman Sejawat yang terhormat,

Kesemua masalah kesehatan paru di atas merupakan tantangan kita para dokter spesialis paru, tantangan kerja PDPI kita. Belum lagi ditambah dengan issue globalisasi, pasar bebas, otonomi daerah dengan segala manfaat perkembangan dan potensi masalahnya, persaingan antar profesi dan tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan yang optimal. Untuk itu keberadan organisasi ini diharapkan dapat berperan maksimal, baik dalam meningkatkan profesionalisme anggotanya maupun secara nyata berperan aktif dalam penuntasan masalah kesehatan paru di negara kita bagi kesejahteraan rakyat dan bangsa. Senjata yang dapat kita gunakan adalah pengorganisasian yang matang, pembinaan anggota, kegiatan advokasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasar evidence based medicine dan penerapan konsep Clinical Governance untuk memberikan the best care for every patients everywhere.

Teman Sejawat yang terhormat,

Akhirnya perkenankan saya menyampaikan terimaksih kepada seluruh Anggota Pengurus Pusat PDPI 1999 - 2002, seluruh Pengimis Cabang PDPI serta seluruh anggota PDPI yang tercinta atas segala peran serta aktifnya dalam kegiatan dan upaya aktifnya untuk mengharumkan nama PDPI di Indonesia dan di dunia internasional. Kami mohon maaf atas segala kekurangan dalam kepengurusan PDPI 1999 - 2002 ini, Kita semua yakin bahwa di masa datang PDPI akan dan harus makin terus berkarya dan berjaya.

Terimakasih, Wassallammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Dr. Tiandra Yoga Aditama. Sp.P(K). MARS & DTM&H
Ketua Umum



MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018