APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
WARTA ORGANISASI
BULETIN PDPI Edisi April 2008
Halaman : 5/7

Profil
Profil PDPI Cabang Jakarta
PDPI cabang Jakarta beralamat di RSUP Persahabatan tepatnya di Gedung Asma Lt. 2 Jl. Persahabatan No. 1 Rawamangun Jakarta 13230 Tlp & Fax: 021-47861454. Pengurus hariannya adalah Dr. Budhi Antariksa, PhD, Sp.P selaku Ketua PDPI Cabang Jakarta, Dr. Prasenohadi, PhD, Sp.P sebagai sekretaris dan Dr Natasja R. Kandou, Sp.P sebagai bendahara PDPI. Kini PDPI Cabang Jakarta mempunyai lebih kurang 200 orang anggota yang tersebar di Propinsi DKI Jakarta dan sekitarnya. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan PDPI Cabang Jakarta yakni kegiatan ilmiah berupa simposium, malam klinik, round table discussion dll, sedang kegiatan sosial yang dilakukan antara lain bakti sosial, buka puasa bersama, Halal Bihalal Bersama dll.
Ada baiknya penulis menurunkan sedikit tentang profil dokter yang satu ini. Lahir di Palu pada tanggal 18 Desember 1966 meraih gelar dokter pada tahun 1991 dari Fakultas Kedokteran Indonesia. Kemudian pada tahun 1996 masuk Program Pendidikan Dokter Spesialis Paru di Fakultas Kedokteran yang sama. Pada tahun 1998 mendapat beasiswa dari Dinas Pendidikan Jepang untuk mengikuti program research student dan Post Graduate Course pada Second Internal Medicine, Hiroshima University, Japan dan gelar Doktor MONBUSHO diraihnya pada tahun 2003. Sedangkan gelar spesialis paru diselesaikannya pada tahun 2004. Selain sebagai Ketua PDPI Cabang Jakarta beliau juga sebagai Staf Pengajar Departemen Pulmonologi di FKUI.
Dalam kesempatan lain redaksi buletin PDPI berbincang-bincang dengan beliau seputar tentang PDPI. Berikut petikannya:
Apa kegiatan PDPI Cabang Jakarta saat ini yang sedang dikerjakan?
Saat ini belum ada kegiatan khusus yang dikerjakan, tetapi ada rencana dalam
waktu dekat akan menyelenggarakan Malam Klinik.
Sebenarnya apa yang menjadi obsesi Anda selaku Ketua PDPI Cabang Jakarta ?
Tentu saya menginginkan Dokter Spesialis Paru akan lebih dikenal oleh Profesi Lain dan tak kalah pentingnya adalah Dokter Spesialis Paru lebih dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Jakarta. Selain itu, kami juga menginginkan Dokter Spesialis Paru di Jakarta lebih aktif dalam mengikuti kegiatan baik ilmiah dan sosial yang diselenggarakan oleh PDPI Cabang Jakarta.
Apa yang sebenarnya menjadi kendala?
Kami sangat mengerti dan memaklumi, kesibukan dan banyaknya tugas masing-masing dokter sering menjadi hambatan, sehingga setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh PDPI Cabang Jakarta kurang diminati. Salah satu kegiatan yang menurut kami sangat bermanfaat sekali bagi para anggota PDPI Cabang Jakarta adalah ceramah tentang UU Praktek Kedokteran, kami telah mengundang beberapa nara sumber dari Konsil Kedokteran Indonesia dan dari Pengurus Besar Ikatan Dokler Indonesia untuk memberikan informasi yang jelas kepada anggota kami, terutama mengenai alur dan prosedur yang benar tentang kepengurusan Surat Ijin Praktik. Selama ini banyak anggota kami yang masih belum menerima informasi tersebut dengan benar.

Apa saran / kritik Anda bagi Pengurus Pusat?
Kami
menghimbau kepada Pengurus Pusat agar lebih akfif berkiprah serta memfasilitasi pada proses penempatan dokter spesialis paru di Indonesia. Selama ini banyak anggota kita yang telah lulus spesialis paru mengalami kesulitan dalam penempatan kerjanya.

Pengurus PDPI Cabang Riau masa bakti 2006 - 2009
Penasihat: Prof. Dr. Tabrani Rab, Sp.P, Dr. Munir Umar, Sp.P, Dr. Marwan Awaloeddin, Sp.P, Ketua: Dr. Azisman Saad, Sp.P, Sekretaris: Dr. Adrianison, Sp.P, Bendahara :Dr. Arlina Gusti, Sp.P, Bidang Ilmiah Dr. Zafiardy Aksa Fauzi, Sp.P, Dr. Dahrizal, Sp.P, Dr. Adrianison, Sp.P, Dr. Azisman Saad, Sp.P, Prof. Dr. Tabrani Rab, Sp.P, Bidang Organisasi & Humas: Dr. Munir Umar, Sp.P, Dr. Antonius Sianturi, Sp.P, Dr. Sumarli, Sp.P Bidang Sosial / Pengabdian Masyarakat : Dr. Rahmad, Sp.P, Dr. Suyanto, Sp.P, Dr. Syarifudin, Sp.P,

Alamat Sekretariat: SMF Paru RSUD Arifin Ahmad Jl. Diponegoro No. 2 Pekanbaru

Pengukuhan guru besar pulmonologi
Kurun waktu Januari - Februari 2008 telah dilaksanakan pengukuhan 3 anggota PDPI sebagai Guru Besar, yakni: Dr. Tamsil Syafiuddin, Sp.P(K) sebagai Guru Besar Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FK Universitas Islam Sumatera Utara, acara pengukuhan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2008 di Kampus FK UISU Medan. Dr. Taufik, Sp.P(K) sebagai Guru Besar Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FK Universitas Andalas Padang acara pengukuhan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2008 di FK Unand Padang dan Dr. Menaldi Rasmin, Sp.P(K) sebagai Guru Besar Pulmonologi & Ilmu kedokteran Respirasi FK UI Jakarta, acara pengukuhan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2008 di Jakarta.

Atas nama Pengurus Pusat PDPI, kami mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Tamsil Syafiuddin, Sp.P(K), Prof. Dr. Taufik, Sp.P(K) dan Prof. Dr. Menaldi Rasmin, Sp.P(K), semoga amanah ini dapat dijunjung tinggi demi kemajuan Bidang Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi di Indonesia