APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
WARTA ORGANISASI
BULETIN PDPI Edisi November 2006

Profil

PROFIL PDPI CABANG MALANG
 

   PDPI Cabang Malang beralamat di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang UPF Paru Jl. Jaksa Agung Suprapto 2 Malang, merupakan suatu wadah Dokter Paru berkumpul dengan tujuan meningkatkan profesionalisme, kesejahteraan para anggota serta mempererat tali silaturahim dengan seluruh keluarga besar anggota PDPI Cabang Malang.
   Kegiatan ilmiah yang telah dilakukan diantaranya Seminar dan Workshop tentang Flu Burung, Round Table Discussion , Pelatihan Alat Pelindung Perorangan dan Workshop Flu Burung dan lain sebagainya. Disamping acara ilmiah, acara organisasi berupa rapat / pertemuan dan pergantian kepengurusan juga diselenggarakan rutin sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk mempererat tali silaturahim diselenggarakan pula acara arisan anggota setiap dua bulan. Kegiatan ilmiah yang sedang dalam perencanaan yakni seminar sehari dengan judul "Management CAP & AI", rencananya akan diselenggarakan pada bulan September 2006. Saat ini tercatat sebanyak 21 anggota biasa PDPI Cabang Malang yang tersebar di beberapa kota yaitu Batu, Pasuruan, Jember, Kediri dan Madiun.

 
Wawancara dengan Ketua PDPI Cabang Malang

   Pada kesempatan lain penulis berkesempatan mewawancarai Ketua PDPI cabang Malang, Dr. Teguh R. Sartono, Sp.P(K). Berikut petikan yang dapat dituliskan.    
   Sejak kapan Anda dipilih menjadi Ketua PDPI Cabang Malang Periode 2005 - 2008, apakah Anda sebelumnya memang berminat menjadi Ketua? Sejak Januari 2006, Saya memandang sebagai amanah, tidak ada ambisi untuk memegang jabatan tertentu.
   Berapa jumlah anggota PDPI Cabang Malang sekarang (termasuk PPDS)? Anggota biasa 21 orang, anggota luar biasa 10 orang dan anggota muda 18 orang.
   Menurut Anda bagaimana perkembangan PDPI Cabang Malang sebelum Anda menjadi Ketua? Fluktuatif dari segi kegiatan tetapi dari segi jumlah, anggotanya bertambah seiring bertambahnya jumlah PPDS, meskipun dikurangi PPDS yang telah lulus dan bertugas di tempat lain.

   Apa yang menjadi obsesi Anda selama menjadi Ketua? Koordinasi ke dalam, intern pengurus maupun pengurus dengan anggota. Melanjutkan pendidikan mencetak dokter spesialis paru bersama FK UNIBRA W / RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, sampai saat ini telah meluluskan 9 spesialis paru. Kemudian mendorong anggota menjalankan peraturan pemerintah dan peraturan lainnya yang terkait, dan terakhir menyelenggarakan 2 kali pertemuan ilmiah tingkat propinsi dan satu kali tingkat nasional.
   Sudah sekian lama, mengapa PDPI Cabang Malang tidak menyelenggarakan kegiatan ilmiah / event yang besar? Apa yang menjadi kendala? Sebenarnya yang kompeten menjawab adalah Ketua PDPI Cabang Malang yang lama. Saya kira penyebabnya antara lain beberapa pengurus inti memasuki masa pensiun, sehingga koordinasi di tingkat pengurus kurang intensif
   Berhubungan dengan isu Flu Burung, apa tindakan yang dilakukan PDPI Cabang Malang dalam hal ini? Apakah pernah ditemukan kasus penderita flu burung? Di RSUD Dr. Saiful Anwar sudah dibentuk Tim Flu Burung, sudah disiapkan ruang isolasi beserta peralatannya. Telah dilakukan pula sosialiasi pada dokter dan masyarakat secara langsung di gedung pertemuan maupun melalui media radio, TV dan koran. Sampai saat ini belum pernah ditemukan kasus penderita flu burung.
   Apakah selama ini PDPI Cabang Malang bekerjasama dengan media untuk publikasi kegiatan dll? Bentuk kerjasamanya seperti apa dan dengan media mana saja? Kerjasama dengan media koran Radsar Malang, Jawa Pos, Surya, Radio Citra Pro 3 FM, A TV secara insidentil dan regular
   Menurut Anda bagaimana perkembangan organisasi PDPI secara keseluruhan saat ini? Kegiatan semakin banyak dan nyata dengan terbentuknya kelompok kerja dan seksi-seksi.
   Apa yang menjadi harapan / saran untuk Pengurus Pusat PDPI? Melakukan pendekatan kepada Departemen Kesehatan dan Departemen lain yang terkait, juga kepada DPR untuk merevisi UU praktik kedokteran, sehingga tidak merugikan dokter, institusi kesehatan masyarakat.

   



MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018