APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
WARTA ORGANISASI
BULETIN PDPI Edisi April 2006

PROFIL PDPI CABANG

PROFIL PDPI CABANG
1.

PDPI CABANG BANTEN

PDPI Cabang Banten ibarat bayi yang baru dilahirkan. Berawal dari usulan beberapa anggota Pengurus Pusat dan PDPI Cabang Jakarta akhirnya dibentuklah PDPI Cabang Banten. Secara administratif pendirian PDPI cabang Banten memang sudah layak dengan keberadaaan dokter spesialis paru yang sudah lebih dari 3 orang dalam satu propinsi. Pengurus Pusat PDPI akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan No. 051/SK-XII/PP-PDPI/2005 tertanggal 4 Juli 2005 tentang penetapan pembentukan PDPI Cabang Banten dan disyahkan pada Kongres Nasional PDPI X tanggal 6-10 Juli 2005 di Surakarta.

Tahap awal pembentukan PDPI Cabang Banten bermula dari melobi para anggotanya yang berdomisili di daerah Propinsi Banten, dilanjutkan dengan pertemuan pada tanggal 18 Juni 2005 di Ruang Direktur RSUD Tangerang dan dihadiri oleh 5 peserta (seharusnya 11 orang yang diharapkan hadir). Pembicaraan hangat dan respons positif untuk pembentukan PDPI Cabang Banten didapatkan pada pertemuan tersebut. Dengan suara bulat akhirnya disetujui pengajuan pembentukan PDPI Cabang Banten kepada Pengurus Pusat PDPI.

Pada waktu yang sama pula, saat itu merebak isu kasus flu burung di Indonesia dengan pasien pertama diketahui berasal dari Kabupaten Tangerang dan dirawat di RS Siloam Glean Eagle Tangerang. Mengambil momen tersebut, PDPI Cabang Banten membuat gebrakan pertamanya dengan menyelenggarakan kegiatan simposium tentang flu burung pada tanggal 20 Agustus 2005 di Gedung German Centre Serpong Tangerang sekaligus ”memproklamirkan” keberadaan PDPI Cabang Banten. Acara yang didukung oleh PT. Dexa Medica tersebut dihadiri lebih dari 176 peserta tersebut berlangsung sukses di tengah persiapan yang amat ”terburu-buru”.

Anggota PDPI Cabang Banten saat ini berjumlah 11 orang 8 diantaranya terdapat di Tangerang, 1 di Pandeglang, 1 di Serang dan 1 di Cilegon. Sekretariat PDPI Cabang Banten beralamat di : IGD Lt. II RSUD Tangerang Jl. Ahmad Yani No. 9 Tangerang. Dalam waktu dekat PDPI Cabang Banten merencanakan akan menyelenggarakan ”Pulmonary Road Symposium” yang diadakan di dua kota yakni Cilegon pada tanggal 3 Juni 2006 dan Tangerang tanggal 10 Juni 2006. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan IDI Wilayah Banten

Berkenalan Dengan Ketua PDPI Cabang Banten.

Mungkin banyak diantara Sejawat belum banyak mengenal sosok Ketua PDPI Cabang Banten ini, ya memang dokter yang satu ini boleh disebut ”dokter spesialis paru” yang masih muda. Gelar Dokter Umum diraihnya pada tahun 1987 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, kemudian melanjutkan Program Pendidikan Dokter Spesialis Paru di Fakultas Kedokteran Indonesia lulus pada tahun 2002. Ibu dengan dua putri ”Syifa Nuralifianti” dan ”Alia Nurdwirahmani” nan cantik-cantik ini mempunyai nama lengkap Dr. Tintin Martini, Sp.P.

Kegiatan rutin dilakukannya sebagai dokter tetap di RSUD Tangerang sejak tahun 2002, disamping kegiatan praktik ditempat lain yakni di RS Annisa dan RS Honoris di Tangerang. Sebelum menjadi dokter spesialis paru, ibu yang pada tanggal 4 Maret 2006 lalu berumur 44 tahun itu, sebelumnya bekerja sebagai Dokter Puskesmas Karawaci Baru pada tahun 1989-1991, kemudian Dokter Puskesmas Pamulang tahun 1991-1993 dan terakhir kepala Puskesmas Pondok Jagung Serpong Tangerang.
Mungkin karena prestasi sering dipindah tugaskan ke satu Puskesmas ke Puskesmas lain sehingga nama Dr. Tintin Martini, Sp.P banyak dikenal di kalangan dokter di Tangerang. Bahkan ada yang menyebut dokter yang satu ini adalah ”dokter gaul” karena dengan siapa saja bisa bersahabat dan bekerjasama.

Kegiatan dalam bidang organisiasi juga amat menonjol dan dijalani dengan tanggung jawab penuh. Aktif sebagai pengurus Yayasan Asma Indonesia Wilayah Jakarta dan Pengurus PDPI Cabang Jakarta pada tahun 2002 – 2005, kini Ibu yang akrab disapa Dr. Tintin itu selain sebagai Ketua PDPI Cabang Banten kegiatan organsasi yang dijalaninya adalah sebagai Wakil Bendahara PP-PDPI dan sebagai Pengurus IDI Wilayah Tangerang
.

Suatu ketika saat penulis mengunjungi rumahnya di Jl. Kelapa Gading Blok E-168 Cinere, ibu nan ramah ini berucap: ”Bila ada kesempatan dan disetujui oleh Kongres PDPI, kami ingin menyelenggarakan salah satu kegiatan PDPI yakni PIK, KONKER atau KONAS di tempat kami. Selain itu kami juga berharap kegiatan Pulmonary Road Symposium yang akan kami selenggarakan di Banten nanti dapat dijadikan agenda tetap kegiatan tahunan PDPI Cabang Banten atau bahkan agenda kegiatan ilmiah nasional” katanya semangat. ”Kami juga menghimbau terutama teman-teman PPDS yang akan atau telah lulus untuk dapat bergabung dengan PDPI Cabang Banten untuk mengisi wilayah yang masih kosong” sambungnya. Anda berminat? silahkan menghubungi Dr. Tintin Martini, Sp.P di 021-754 3147 atau di HP: 0811-880834. Semoga PDPI Cabang Banten semakin jaya.

2.

PDPI CABANG JAWA BARAT

PDPI Cabang Jawa Barat yang beralamat di Jl. Bukit Jarian No. 40 Bandung merupakan Perhimpunan Dokter Paru yang terbilang sangat aktif. Kegiatan hampir dilakukan tiap bulan, tentu hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan para anggotanya. Kegiatan ilmiah rutin yang dilakukan hampir tiap bulannya adalah malam klinik, menampilkan pembicara baik dari dalam maupun luar PDPI Cabang Jawa Barat. Diharapkan dengan acara tersebut anggota PDPI Cabang Jawa Barat tidak ketinggalan informasi di bidang ilmu dan teknologi kedokteran khususnya di bidang ilmu penyakit paru dan pernapasan

Kegiatan ilmiah yang telah dan akan dilaksanakan adalah
:
1.
Malam Klinik, di Restoran Arar yang dilaksanakan tanggal 26 Februari 2006
2.
Malam Klinik, di Venna Cafe Sukajadi dilaksanakan tanggal 19 Maret 2006
3.
Weekend di Sumber Alam Garut tanggal 8 – 9 April 2006, dan

4.
Update on Management of Nosocomial Pneumonia pada tanggal 29 April 2006

Disamping acara ilmiah, acara organisasi berupa rapat / pertemuan juga diselenggarakan biasanya setelah acara ilmiah, membahas berbagai permasalahan dan rencana ke depan yang akan dilakukan oleh PDPI Cabang Jawa Barat. PDPI Cabang Jabar juga menggelar acara ilmiah yang bersifat nasional seperti acara dalam rangka peringatan TB Day dan acara tahunan PDPI seperti Konas PDPI tahun 2008 yang rencananya akan digabungkan dengan ERS diselenggarakan di Bandung.

Untuk meningkatkan tali persaudaraan diantara keluarga anggota PDPI Cabang Jawa Barat dilaksanakan juga beberapa acara rutin diantaranya “nyanyi” bersama, dansa, arisan, tour bersama dll.
Saat ini tercatat sebanyak 20 anggota PDPI Cabang Jawa Barat yang tersebar dari Cirebon, Bandung,

Berkenalan Dengan Ketua PDPI Cabang Jawa Barat.

Laki-laki berusia 45 tahun ini selalu tampak energik walaupun kesibukannya amat padat. Selain menjadi Ketua PDPI Cabang Jawa Barat lelaki yang mempunyai nama lengkap Dr. Edi Sampurno, Sp.P, MM ini juga menjabat sebagai Direktur RS Paru Dr. H.A. Rotinsulu Bandung (dulu bernama RS Cipaganti). Keaktifan di organisasi tidak diragukan lagi, dia selalu tampak di setiap acara yang diselenggarakan oleh PDPI, oleh karena itu Ketua Umum Prof. Dr. Faisal Yunus, Ph.D, Sp.P(K) memintanya untuk bergabung menjadi Pengurus Pusat PDPI sebagai Wakil Ketua Dewan Pembinaan Profesi dan Kesejahteraan. Saat redaksi / sekretariat menghubungi Dr. Edi Sampurno, Sp.P, MM menanyakan tentang kesannya selama menjadi anggota PDPI dia berujar ”Semoga PDPI tetap jaya, saat ini kami sedang mengembangkan RS Paru H.A. Rotinsulu di Bandung agar nantinya dapat menjadi kebanggaan bagi dokter spesialis paru seperti RS Jantung Harapan Kita” katanya meyakinkan.

Karir pendidikan dokternya dimulai pada tahun 1987 lulus sebagai Dokter Umum di FK UNIBRAW Malang, selanjutnya pada tahun 1997 berhasil menamatkan pendidikan spesialis paru di FK UNAIR Surabaya. Gelar terakhir yang diraihnya adalah Magister Manajemen yang didapatkan pada tahun 2004 bidang Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit di UNPAD Bandung pada tahun 2004. Laki-laki ramah yang akrab dipanggil Dr. Edi ini bertempat tinggal di Jl. Mentor 84 Bandung. Semoga PDPI Cabang Jawa Barat selama dipimpinnya akan menjadi organisasi yang besar dan disegani khususnya di Wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, dan akan bertambah maju di masa mendatang. Semoga !!



MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018