APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Gejala Kanker Paru yang Sering Tidak Disadari
PDPI Surakarta, 21 Mei 2018 13:04:08

Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Pengobatan kanker paru akan lebih efektif bila kanker terdeteksi dini. Maka penting bagi Anda untuk mengenali gejala kanker paru. Sayangnya banyak gejala kanker paru yang terabaikan.

Beberapa gejala kanker paru yang sering tidak disadari adalah:

1. Nyeri dada

Waspadalah bila Anda merasakan nyeri dada, punggung, dan pundak, yang baru-baru ini Anda rasakan, namun tidak kunjung reda. Apalagi bila nyeri yang Anda rasakan semakin parah saat Anda mengambil napas panjang, batuk, atau tertawa. Sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter, bila Anda merasakan hal tersebut.

2. Batuk berkepanjangan

Batuk bisa jadi disebabkan oleh alergi atau pilek. Namun batuk yang terjadi berkepanjangan, bisa jadi tanda permasalahan kesehatan yang lebih serius, seperti kanker paru. Kanker dapat mengiritasi tenggorokan, sehingga membuat Anda batuk.3. Napas pendek

Saat kanker terbentuk pada jaringan paru-paru, maka akan terjadi penumpukan cairan pada paru. Bila Anda merasa terengah-engah setelah berjalan kaki dengan jarak yang dekat, atau Anda menjadi sesak napas setelah berolahraga, Anda sebaiknya waspada. Sulit bernapas saat sedang duduk dan bersandar, juga bisa jadi pertanda adanya masalah pada paru-paru Anda.

4. Berat badan menurun

Menurut American Cancer Society, penurunan berat badan dan hilangnya selera makan, termasuk gejala penyakit kanker paru. Bagi Anda yang merokok dan memiliki riwayat kanker dalam keluarga, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

5. Mudah lelah

Anda adalah orang yang paling tahu kekuatan dan stamina tubuh Anda. Saat tubuh Anda merasa mudah lelah, ketika melakukan aktivitas yang sama seperti waktu sebelumnya, Anda tidak boleh mengabaikannya. Meski berpotensi menjadi kanker paru, gejala ini biasanya disertai dengan nyeri dada.